Tim Riset Aksi POLITEKNIK ACEH Berbagi Cerita Sukses Dalam Forum Program Riset Aksi USAID HELM

Posted By Abd_raman on 30 Oktober 2015


Forum bertujuan untuk membangun jaringan kerja institusi pendidikan tinggi untuk meningkatkan perbaikan manajemen perubahan lewat pendekatan riset aksi.

Jakarta – Pada 30 September dan 1 Oktober 2015, proyek Higher Education Leadership and Management (HELM) yang didukung oleh United States Agency for International Development (USAID) menyelenggarakan Forum Program Riset Aksi (PRA) di Yogyakarta. Forum ini bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar mengenai berbagai inisiatif riset aksi guna dalam mengembangkan kapasitas individu dan institusi yang dilakukan oleh 15 institusi pendidikan tinggi. 

Dr.Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP, Direktur Pembelajaran DIKTI dalam presentasinya menyatakan peran penting riset aksi dalam memperkuat tri darma pendidikan. “Forum Riset Aksi ini memberikan kesempatan untuk pengembangan capacity building bagi individu yang terlibat dan juga capacity building bagi institusi.” Beliau mengajak semua professional pendidikan tinggi di Indonesia untuk segera bertindak, memulai dari diri sendiri untuk memperkuat tri darma pendidikan di institusi pendidikan tinggi Indonesia. Dalam sambutannya, Dr. Paristiyanti juga memberikan penjelasan mengenai berbagai rencana program Kemenristekdikti pada tahun 2016 yang diantaranya berfokus pada peningkatan kesiapan kerja mahasiswa, penguatan perempuan di pendidikan tinggi, kemudahan transfer kredit dari SMK ke politeknik, serta ribuan beasiswa yang tersedia.

PRA USAID HELM telah diterapkan sejak 2012 oleh 10 universitas dengan 20 peneliti awal. Mereka memulai PRA dengan menggunakan  beberapa lembaga pendidikan tinggi di Thailand dan Filipina sebagai tolak ukur dan studi banding. Para peneliti yang bergabung dengan PRA sejak awal tersebut berbagi informasi mengenai PRA tersebut pada forum USAID HELM Juni 2013. "Sampai saat ini, sebagian besar dari mereka telah berhasil mempertahankan keberlanjutan PRA," kata Martha Silalahi dari USAID HELM.


Tim PRA Politeknik Aceh yang diwakili oleh Fitriady ST, MT, M.Sc Tech, Nurul Izzati  ST, M. Si, Ilham Hasbiullah ST, MT, M.Sc Tech, dan Munzir Umran S.Si hadir dalam forum.  Kepala Bidang Kemahasiswaan Fitriady ST, MT, M.Sc Tech dalam presentasinya menjelaskan mengenai implementasi PRA Politeknik Aceh dalam mengembangkan manajemen data guna meningkatkan akreditasi program studi. Hal ini diperlukan karena adanya keterbatasan data yang diperlukan dalam dokumentasi akreditasi, data yang ada tidak terorganisir dengan baik, serta tidak adanya standar penyimpanan yang baik sehingga menyulitkan proses akreditasi. Untuk menjawab tantangan tersebut, tim PRA Politeknik Aceh telah berhasil mengembangkan sebuah data center sebagai standar penyimpanan data, dan mensinkronisasikan dengan e-data link manager.