Menteri Pariwisata Beri Kuliah Umum di Politeknik Aceh

Posted By Abd_raman on 20 September 2016


BANDA ACEH - Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Dr Ir Arief Yahya MSc, berkunjung dan memberikan kuliah umum di Politeknik Aceh, Senin (19/8). Kuliah umum yang bertajuk “Pariwisata goes to Campus” itu memaparkan pentingnya potensi pariwisata terutama di Aceh dalam rangka meningkatkan pendapatan per kapita Indonesia. Kunjungan menteri pariwisata itu juga sekaligus untuk menindaklanjuti kerja sama pendirian Program Studi Sarjana Terapan Bidang Pariwisata di Politeknik Aceh.

“Indonesia, meskipun dalam beberapa hal terutama potensi wisata alamnya mempunyai nilai lebih, ternyata kalah jauh dengan Malaysia dan Thailand yang sudah terlebih dahulu jor-joran mengembangkan potensi pariwisatanya. Hal ini menjadi poin penting agar Indonesia memperbaiki segala lini demi terciptanya lingkungan pariwisata yang nyaman dan aman sehingga nilai ekonomi Indonesia meningkat, “ kata Arief Yahya.

Menteri juga mengajak mahasiswa dan sivitas akademikaPoliteknik Aceh serta alumni ITB Aceh untuk terus berbenah agar Aceh bisa menjadi destinasi utama untuk Destinasi Halal Dunia. Dikatakan, Indonesia bisa menggungguli Malaysia di tahun 2015 untuk destinasi wisata halal yang dimenangkan oleh Lombok, Provinsi NTB.

 

 

Kuliah umum juga diisi oleh Prof Dr HM Ahman Sya, Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Pariwisata Kemenpar RI. Dalam paparannya, Prof Ahman Sya menegaskan, Aceh punya potensi yang cukup besar di bidang pariwisata, mulai dari wisata alam, budaya, hingga kuliner. Menurut dia, selama ini belum banyak terobosan yang dibuat terutama di bidang promosi. Untuk itu ia mengajak agar semua elemen mahasiswa dan alumni Politeknik Aceh untuk terus mengembangkan diri dan mengelola potensi yang dimiliki oleh Aceh. Kuliah umum diakhiri sesi diskusi dengan mahasiswa dan alumni, terutama alumni yang membuka usaha travel di Aceh. Sedangkan DirekturPoliteknik Aceh, Ir. Zainal Hanafi mengatakan, pihaknya menyambut baik kesempatan untuk bisa mengembangkan potensi wisata di Aceh, terutama yang berkenaan dengan teknologi informasi.(sak)

Sumber : aceh.tribunnews.com