Pengantar

Posted By Abd_raman on 08 Juli 2014


Pengantar Direktur Politeknik Aceh

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas perkenan-Nya, Politeknik Aceh dapat berdiri dan eksis sampai dengan saat ini di Kota Banda Aceh, Aceh. Walaupun berlokasi di ujung terbarat Indonesia, kehadiran Politeknik Aceh diharapkan menjadi solusi bagi tersedianya SDM yang berkualitas, profesional, berintegritas dan terpercaya tidak hanya di Aceh, namun juga di seluruh dunia, sesuai dengan cita-cita para stakeholders pendiri Politeknik Aceh yang merupakan kolaborasi berbagai lembaga nasional dan internasional.

Tentu saja hal tersebut tidak dapat terwujud dengan sekejap mata. Oleh karena itu Politeknik Aceh menjabarkan tahapan-tahapan tersebut dijabarkan ke dalam siklus lima tahunan, yang dimulai dari Periode I (2008-2012), berupa periode eksistensi dan pengokohan, Periode II (2013-2017), periode peningkatan kapasitas dan pengembangan; Periode III (2018-2022), periode daya saing regional; dan berakhir pada periode IV (2023-2027), dimana Politeknik Aceh pada saat tersebut diharapkan telah memiliki daya saing internasional.

Untuk mewujudkan hal tersebut, proses pembelajaran di Politeknik Aceh telah didukung oleh SDM Dosen dan staf yang handal lulusan dari berbagai kampus dalam dan luar negeri, ditunjang dengan sarana-prasarana yang memadai, serta didukung kerjasama dengan berbagai pihak, didukung. Untuk mewujudkan suasana akademik dan keilmuan yang kondusif, kurikulum Politeknik Aceh disusun berbasis kebutuhan industri dengan melibatkan para pakar dari industri.

Saat ini Politeknik Aceh memiliki lima program studi yang telah terakreditasi, yaitu:

  1. Diploma III Teknik Informatika (Terakreditasi B);
  2. Diploma III Teknik Mekatronika (Terakreditasi B);
  3. Diploma III Teknik Elektronika Industri (Terakreditasi C);
  4. Diploma III Akuntansi (Terakreditasi B);
  5. Diploma IV Akuntansi Keuangan Publik (Terakreditasi minimal).

Berbagai program studi akan terus dibuka untuk menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mendukung pembangunan daerah.

Berbagai prestasi telah diraih oleh kampus yang baru berdiri pada tahun 2008 ini, antara lain:

  • SKPD Terbaik dalam Melaksanakan Kawasan Asap Rokok oleh Pemerintah Kota Banda Aceh (2013)
  • Kampus Berwawasan Lingkungan oleh Pemerintah Provinsi Aceh (2013)
  • PTS pertama di Aceh yang terakreditasi B olen BAN PT (2015)
  • PTS Terbaik kategori Politeknik di Aceh oleh LLDIKTI 13 Kemenristekdikti (2018)

Berbagai kiprah Politeknik Aceh dalam menggapai cita dan asa, dapat diikuti secara up to date dalam lembaran-lembaran daring berikut. Ucapan terima kasih kami kepada berbagai pihak yang telah membantu baik secara moril maupun materiil. Tentu saja, kami sangat menantikan masukan saran dan perbaikan bagi perkembangan Politeknik Aceh yang lebih baik.

Politeknik Aceh, Your Local Partner to Win Global Competition