Pengantar

Posted By Abd_raman on 08 Juli 2014

Selamat datang di Website Politeknik Aceh, Website yang memberikan informasi tentang Politeknik Aceh.

Politeknik Aceh is A Special Place Where Learning is Fun. Memilih belajar di Politeknik Aceh berarti telah memilih tempat yang tepat untuk mempersiapkan diri secara intelektual dan emosional dalam menghadapi persaingan dunia kerja. Education is Not Received, It Is Achieved.” tambah Direktur Politeknik Aceh yang sering di sapa Pak Yu ini.

Politeknik Aceh merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi di Banda Aceh yang dibangun dari hasil kerjasama antara Pemerintah Kota Banda Aceh, Pemerintah Aceh, PT. Chevron Pacific Indonesia, BRR dan USAID setelah bencana tsunami pada tahun 2004. Politeknik Aceh resmi berdiri atas izin dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Nomor 78/D/O/2008 tertanggal 22 Mei 2008. Pembukaan Politeknik dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2008 dan kegiatan akademik Politeknik Aceh dimulai pada bulan September 2008 untuk tahun ajaran 2008/2009. Sementara itu, peresmian Gedung Politeknik Aceh baru dilakukan pada tanggal 23 Februari 2009 oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Kehadiran Politeknik Aceh menjadi solusi bagi tersedianya SDM yang berkualitas, profesional, berintegritas dan terpercaya di Aceh. Saat ini Politeknik Aceh telah meraih predikat Akreditasi Institusi B dari BAN-PT dan memiliki lima program studi yang telah terakreditasi, yaitu:

  1. Diploma III Teknik Informatika (Terakreditasi B)
  2. Diploma III Teknik Mekatronika (Terakreditasi B)
  3. Diploma III Teknik Elektronika Industri (Terakreditasi C)
  4. Diploma III Akuntansi  (Terakreditasi B)
  5. Diploma IV Akuntansi Keuangan Publik (Re-Akreditasi).

Kampus yang berlokasi di Gampong Pango Raya ini memiliki gedung utama seluas 8350 m2, berlantai tiga dengan kualitas sangat baik.  Di gedung ini tersedia 20 ruang kelas, 24 ruang laboratorium, 20 ruang dosen dan pimpinan, auditorium berkapasitas 250 orang, perpustakaan, main hall berkapasitas 500 orang, 2 ruang administrasi, perpustakaan, dan sarana olahraga. Selain dilengkapi dengan fasilitas laboratorium modern bantuan dari USAID dan DIKTI, Politeknik Aceh juga memiliki workshop  seluas 200 m2 untuk praktik Jurusan Teknik Mekatronika pada bagian barat gedung utama. Untuk menunjang kelancaran proses belajar-mengajar, gedung ini sudah dilengkapi dengan listrik PLN, generator set 200 KVA dan akses internet 24 jam.

Beberapa program unggulan Politeknik Aceh, antara lain:

  1. Program Magang Kerja selama 6 bulan di industri
  2. Program Pengembangan Menghadapi Peluang Dunia Kerja
  3. Program Pengabdian Masyarakat
  4. Program Pengembangan Kreatif Mahasiswa (Kewirausahaan, Robotik, Olahraga dan Seni Tradisional Aceh)
  5. Program Pengembangan Alumni.

Total mahasiswa Politeknik Aceh periode 2008-2016 mencapai 1,210 orang. Sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan Politeknik Aceh 2008-2027, Politeknik Aceh terus melakukan pembenahan dan pengembangan.

Direktur Politeknik Aceh yang baru, Dr. Ir. Yuhanis Yunus, M.Eng menegaskan bahwa Politeknik Aceh berjuang untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas lulusannya melalui berbagai program pendidikan dan metode pembelajaran yang menyenangkan, sehingga generasi yang dihasilkan adalah generasi yang memiliki daya saing tinggi baik secara fisik maupun mental .