Pengantar

Posted By Abd_raman on 08 Juli 2014

Selamat datang di Website Politeknik Aceh, Website yang memberikan informasi tentang Politeknik Aceh.

    Pendirian Politeknik Aceh merupakan contoh kerjasama yang baik dari berbagai pihak. Pemerintah Kota Banda Aceh bersama Pemerintah Aceh dan BRR (Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh-Nias) menyediakan lahan, PT. Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI) mendirikan gedung, USAID membangun sistem akademik, operasi dan menyediakan fasilitas belajar-mengajar, serta pihak Dirjen Perguruan Tinggi (DIKTI) membantu melengkapi peralatan laboratorium dan memberikan pelatihan kepada dosen dan staf. Para pendiri berkomitmen tinggi dalam meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia dalam memenuhi kebutuhan industri baik di Aceh, tingkat nasional maupun internasional.

    Politeknik Aceh memulai kegiatan akademik pada tahun 2008, dengan 4 (empat) Program Studi (Prodi) Jenjang D-III yang semuanya telah terakreditasi. Pengembangan ke depan, Politeknik Aceh akan menambah program studi baru serta membuka Jenjang D-IV.

    Politeknik Aceh menawarkan pembelajaran yang terpadu dengan kebutuhan tenaga kerja, dimana keterlibatan industri dimulai dari pembuatan kurikulum, kerja praktek, pemberian kuliah, membuat mahasiswa Politeknik Aceh terbiasa dengan lingkungan kerja. Alumni Politeknik Aceh diharapkan menjadi Ahli Madya (A.Md.) yang mempunyai integritas, berkompeten dalam bidang teknologi terapan dan mampu bersaing secara global. Hasilnya terlihat dengan apresiasi dunia industri yang meminta mahasiswa magang serta perekrutan alumni oleh banyak perusahaan termasuk Perusahaan Multinasional. Pengakuan kualitas pembelajaran juga terlihat dengan ditunjuknya Politeknik Aceh sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Bidang Akuntansi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan sebagai Testing Center bidang Tekonologi Informasi oleh CISCO.

    Seiring dengan kemajuan teknologi, Politeknik Aceh harus mampu menjawab tantangan zaman yang semakin kompetitif. Tenaga kerja tidak hanya bersaing di tingkat lokal, serbuan tenaga kerja asing akan semakin gencar sejalan dengan berlakunya free labor market. Kontribusi Politeknik Aceh harus dirasakan oleh masyarakat dalam menunjang visi pembangunan Aceh serta Visi pembangunan Nasional Indonesia 2020. Harapan kami, informasi pada Website Politeknik Aceh dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Semoga Ridha Allah SWT senantiasa menyertai langkah kita, amiin YRA.

Salam