Tracer study adalah penelitian mengenai situasi alumni khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah di Politeknik Aceh. Di negara-negara maju, studi pelacakan jejak alumni adalah studi utama yang telah dilaksanakan secara sistematis, institusional, dan terus menerus. Maka tidak mengherankan jika perguruan tinggi di negara maju diakui relevansi keberadaannya karena mereka terus-menerus melakukan evaluasi diri antara lain melalui tracer study.

Manfaat tracer study tidaklah terbatas pada perguruan tinggi saja, tetapi lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan (link) antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia kerja. Tracer study dapat menyajikan informasi yang lebih mendalam dan rinci mengenai kecocokan/match kerja alumni. Dengan demikian, tracer study dapat ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya. Bagi Politeknik Aceh, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran. Di sisi lain, dunia industri dan dunia kerja dapat “melongok” ke dalam instistusi Politeknik Aceh melalui tracer study, dan dengan demikian dapat menyiapkan diri lebih baik dengan menyediakan berbagai pelatihan yang lebih relevan bagi Ahli Madya Politeknik Aceh pencari kerja baru.

Harapan dengan tracer study sistem online ini, sensal dapat diperoleh jumlah respons yang lebih memadai. Oleh karena itu, Kami mengajak seluruh alumni program D3 Politeknik Aceh lulusan tahun 2011, 2012 dan 2013 agar dapat partisipasi dalam Tracer Study Politeknik Aceh 2014. (Didiek Hari Nugroho)

Untuk memulai mengisi form Tracer Study silahkan klik tabulasi Login Kuisioner

Login Kuesioner Alumni Politeknik Aceh

ini tentang no content
Penanggung Jawab Tracer Study : Didiek H. Nugroho
email : nugroho@politeknikaceh.ac.id

Politeknik Aceh
Kampus
Jl. Politeknik Aceh,
Desa Pango Raya,
Kec. Ulee Kareng, B.Aceh
Telp. (0651) 31855
Fax. (0651) 31852

EVALUASI KINERJA LULUSAN OLEH PIHAK PENGGUNA LULUSAN